SMP ITQ, SMK 3 Dan SMK 4 Bina Sejahtera Laksanakan MPLS Sambut Siswa Baru

Cotidie News_Kab. Bogor | Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024/2025 telah berakhir. Kini siswa baru sejak Senen (15/7) menjalankan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS.

MPLS merupakan kegiatan perdana dalam menyambut peserta didik baru sebelum memasuki atau dimulainya pembelajaran.

Selain memperkenalkan lingkungan sekolah MPLS dilaksanakan untuk lebih mengenal Kepala Sekolah, Guru dan tenaga kependidikan lainnya yang tentunya juga untuk menambah wawasan baru dan juga pertemanan baru.

Sebagaimana MPLS yang dilaksanakan SMP IT Tahfidzul Qur’an Bina Sejahtara, SMK 3 Bina Sejahtera dan SMK 4 Bina Sejahtera yang berada dalam naungan Yayasan Bina Sejahtera Bogor.

M. Dahlan S.E Kepala SMP IT Tajfidzul Qur’an Bina Sejahtera kepada awak media menuturkan MPLS dilaksanakan selama 3 hari Seni (15/7) hingga Rabu (17/7).

Tadi kami mengawali MPLS dengan Upacara Bendera, begitupun dengan SMK 3 dan SMK 4 Bina Sejahtera yang melaksanakan Upacara Bendera di lapangan sekolah masing-masing karena lokasi kami berada dalam satu lingkungan di Jl. Radar Dramaga,

ucap Dahlan.

Lebih lanjut Ia menuturkan Alhamdulillah sejumlah 32 Siswa baru kelas 7 dapat mengikuti MPLS dihari pertama ini.

Kami melaksanakan MPLS sebagaimana Petunjuk dan aturan dari Dinas Pendidikan Kota Bogor dan dilaksanakan selama 3 hari, Senin hingga Rabu (15-17 Juli 2024).

Tujuan dari MPLS diantaranya dalam rangka memperkenalkan Program-progran Unggulan kami, kemudian bagaimana sistem pembelajaran disekolah kami, termasuk memperkenalkan lingkungan sekolah termasuk kegiatan-kegiatan disekolah yang arahannya menjadi Berkarakter Pelajar Pancasila yang ditekankan Dinas Pendidikan melalui Kurikulum Merdeka.

Untuk Materi MPLS, Dahlan menjelaskan disampaikan tentang Profil Sekolah, Tata Tertib, Proses Pembelajaran kemudian juga siswa keliling lingkungan sekolah, tidak hanya SMP ITQ Bina Sejahtera tapi siswa juga diperkenalkan lingkungan SMK 3 dan SMK 4 Bina Sejahtera yang berada dalam satu Komplek dibawah Naungan Yayasan Bina Sejatera Bogor.

Jadi peserta didik baru mengatahui secara fisik sekolah yang ada baik SMP ITQ maupun SMK 3 dan SMK 4 Bina Sejahtera,

jelas Dahlan.

Dahlan menegaskan untuk Pembelajaran SMP ITQ Bina Sejahtera di Tahun Ajaran 2024/2025 lebih mendisiplinkan dan menguatkan Tahfidz Qur’an.

Ada rencana SMP ITQ Bina Sejahtera akan melaksanakan Program Mukim bagi Siswa/siswinya.
“Masih dicanangkan dan dalam proses” jelas Dahlan.

Dahlan berharap peserta didik baru lebih disiplin dalam Program Unggulan Tahfidz Qur’an dengan kegiatan Muroja’ah yang dilaksanakan dirumah.

Karena kalau tidak dengan Muraja’ah yaitu mengulang-ngulang hafalan, kemungkinan target meraih 3 Juz diakhir setela lulus SMP tidak akan tercapai,

terangnya.

Sisi lain Ir. H. Nugraha Setialaksana Kepala SMK 4 Bina Sejatera menyebut pelaksanaan MPLS tahun ini secara umum sama dengan tahun sebelumnya hanya lebih mengutamakan Karakter dan Akhlak.

Jadi kegiatan MPLS ini semua dihubungkan dengan Karakter dan Akhlak sesuai dengan Visi SMK 4 YBS Melahirkan Insan Yang Berakhlakul Karimah, Kompeten dan Berkarakter, dan diawal MPLS yang dilaksanakan selama 4 hari Senin hingga Kamis (15-18 Juli) diawali dengan Shalat Dhuha bersama,

ucap Nugraha.

Karakter di Kemendikbud, sambungnya ada 18, namun kita fokuskan pada Religius, Disiplin, Kemandirian, Kejujuran dan Kerja keras itu yang diarahkan. Selain tentunya penyampaian Materi Wiyata Mandala, juga Wawasan Kebangsaan.

Mereka (peserta didik baru) harus belajar dengan baik beradaptasi dengan jurusan yang ada, yaitu Jurusan Tehnik Kendaraan Ringan, Tehnik Instalasi Listrik dan Tehnik Permesinan. Diarahkan supaya memahami jurusan yang ada, tidak asal pilih jurusan lebih dipastikan dan dikuatkan pilihan jurusannya sesuai dengan keinginannya.

Nanti akan kita arahkan seperti itu, jadi penguatan cita-cita mereka sekolah di Tehnologi sesuai atau tidak dengan yang mereka pikirkan,

tegasnya.

Sebagai bentuk kebersamaan dalam Pelaksanaan MPLS yang dilaksanakan dengan Enjoy dan Menyenangkan selain dengan Olah Raga diakhir MPLS mereka akan diajak bersih-bersih lingkungan dan makan-makan bersama.

Nugraha menambahkan selain Penyampai Materi Intern yang disampaikan para guru termasuk Kepala Sekolah, juga mengundang pemateri dari Babinsa, Babinmas dan Upt. Kesehatan.

Orang-orang pinter cukup banyak, tapi yang Berkarakter Berakhlakul Karimah bisa kita lihat seberapa banyak? Jadi anak-anak YBS kita didik Karakternya, Akhlaknya sehingga tujuan akhirnya selama akhlak terbentuk karakter terbangun Insya Allah mereka senang hati akan belajar, akan meningkatkan Kompetensinya dan mereka akan menjadi orang yang bermanfaat, bermanfaat buat dirinya dan bermanfaat buat orang lain,

ucap Nugraha mengakhiri perbincangan.

Peserta MPLS SMK 3 Bina Sejahtera berjumlah 158 Siswa/siswi, SMK 4 Bina Sejahtera berjumlah 110 Siswa/siswi dan SMP ITQ Bina Sejahtera berjumlah 32 Siswa/siswi. (CN4)

 63 total views,  2 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.