Animo Masyarakat Tinggi Masuk SMAN 1 Tamansari, Tahap Pertama 500 Lebih Pendaftar Dan 280 Calon Siswa Ditolak

Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2024/2025 sudah dibuka sejak 3 Juni 2024. PPDB Tingkat SMA/SMK dibuka dengan 2 Tahap Pendaftaran.
Tahap 1 tanggal 3 hingga 7 Juni 2024 melalui Jalur Zonasi dan KETM, Tahap Ke 2 tanggal 24 – 28 Juni 2024 melalui Jalur Raport dan Prestasi.

Sebagaimana SMAN 1 Tamansari yang berada di Jl. Jagakarsa Kp. Calobak Desa Tamansari Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor, telah membuka PPDB sebagaimana aturan yang ditetapkan.

Rena Supriyadi Humas SMAN 1 Tamansari kepada awak media menuturkan bahwa dalam PPDB ini sekolah sifatnya pasif tidak mendaftarkan tapi peserta didik sendiri atau dikolektif melalui sekolah asal baik dari SMP maupun MTs.

Kecuali mereka terkendala oleh jaringan atau tidak punya perangkat Internet maka kami siapkan Komputer, namun mereka daftar sendiri kami/petugas hanya mengarahkan saja bagaimana langkah langkah mendaftarnya,

ucap Rena mengawali perbincangan di PPDB Tahap ke 2, Senen (24/6) kemaren.

Ditahap ke 2 ini, lanjut Rena ada 3 Jalur pendaftaran. Pertama Jalur PDBK (Peserta Didik Berkebutuhan Khusus), kedua Jalur Prestasi Akademik dari Nilai Raport plus Akreditasi sekolah asal yang mempengaruhi nilai calon siswa kemudian Prestasi Non Akademik atau Kejuaraan.

Untuk Kejuaraan jalur Kemenag/keagamaan ditahun ini diakomodir untuk semua agama. Untuk Agama Kristen misalnya lomba baca Kitab Injil, juga Agama Hindu, Budha, Katholik. Untuk Agama Islam bukan hanya Tahfidz Qur’an tapi juga bisa dari Juara Kosidahan, Lomba Baca Qur’an dan lainnya,

papar Rena.

Dan jalur ketiga adalah Jalur Perpindahan Orangtua dan Guru.

Untuk anak Guru diprioritaskan bagi Guru yang ngajar disekolah bersangkutan, misalnya diprioritaskan bagi anak guru yang mengajar di SMAN 1 Tamansari, bisa juga untuk anak guru diluar SMAN 1 Tamansari tapi lebih diprioritaskan untuk mengakomodir anak guru yang mengajar di SMAN 1 Tamansari,

paparnya.

Untuk Quota ditahap ke 2, Jalur PDBK 5%, Jalur Prestasi 25% terdiri dari Jalur Raport/Akademik 20% dan Jalur Non Akademik 5% kemudian Jalur Perpindahan Orangtua/Guru sebesar 5%.

Bila ada Calon siswa yang mempunyai Nilai Sama maka dilihat dari Nilai Zonasi/Jarak dan Usia. Misal di jalur PDBK jalur ini tidak ada point atau nilai yang diukur tapi berdasar jarak semakin dekat semakin besar diterima, bila jarak Calon Siswa sama maka dilihat dari Usia, yang lebih tua umurnya itu yang diterima dan itu melalui sistem.

Kemudian di Jalur Raport punya nilai yang sama, maka diukur Zonasi terlebih dulu, ternyata zonasinyapun sama, maka kembali diukur dari umur.

Sebagaimana aturan saat ini yang menerima Calon Siswa masuk itu melalui Sistem bukan sekolah yang menentukan tapi sistem,

tegas Rena.

Dengan aturan dan sistem yang ditetapkan Pemerintah dan dengan Fakta Integritas kami panitia merasa lebih nyaman lebih enjoy tidak ada lagi tekanan dan sebagainya semua berjalan By Sistem,

jelasnya.

Diketahui untuk SMAN 1 Tamansari Quota siswa baru sejumlah 360 siswa yang terbagi di 10 Kelas

.
Tahap 1 melalui Jalur Zonasi (50%) dan KETM (15%) dengan total Quota 65% sudah masuk sejumlah 230 Calon Siswa, Pendaftar Tahap 1 mencapai diatas 500 Pendaftar sejumlah 280 tertolak, sisa tahap ke 2 sebesar 35% atau sejumlah 130 Calon Siswa yang bakal diterima,

sambungnya.

Rena menyebut di PPDB tahun ini masih ada sedikit kendala, saat Pengumuman Penerimaan di Tahap 1 pada tanggal 19 Juni 2024 mundur waktunya cukup lama, kemudian ditahap ke 2 ini (dihari pertama) ada gangguan Jaring Aplikasi yang belum bisa diakses ada kendala dari sistem/servernya tentu ini harus menjadi perhatian. (CN4)

 71 total views,  2 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.