Terbagi Di 12 Ruang, 256 Siswa Kelas IX SMPN 2 Ciomas Laksanakan Ujian Sekolah Atau Assesmen Akhir

Cotidie News_Kab. Bogor | Sejumlah 256 siswa kelas IX SMP Negeri 2 Ciomas mengikuti Ujian Sekolah (US) atau Assesmen Akhir yang diselenggarakan selama 6 hari terhitung Senin (6/5) – Rabu (8/5), dilanjut pada Senin (13/5)- Rabu (15/5)karena pada Kamis (9/5) Libur Nasional, Jum’at dan Sabtu Cuti Bersama.

Sebagaimana diketahui Ujian Sekolah dilaksanakan bertujuan untuk menilai pencapaian standar kompetensi lulusan untuk semua mata pelajaran, dan dilaksanakan berdasarkan kurikulum yang digunakan satuan pendidikan.

Hal tersebut disampaikan Waka Bidang Kurikulum SMPN 2 Ciomas Ellinnoor Aisyah Jamil kepada awak media ditengah pelaksansan Ujian Sekolah, Senin (13/5).

Ellin menjelaskan pelaksanaan ujian sekolah dengan Papper Based Test atau berbasis kertas, soal dibuat oleh guru mata pelajaran masing-masing dan ber koordinasi dengan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran)

Dari total jumlah 256 siswa perserta ujian berdasarkan dapodik dibagi menjadi 6 rombel dan dalam US ini terbagi dalam 12 ruang, setiap ruang terisi 21 atau 22 siswa maksimal berjumlah 25 siswa.

Lanjut Ellin, ada 11 Mata Pelajaran yang diujikan, masing-mata pelajaran yang diujikan 40 soal pilihan ganda dan 5 soal esai, kecuali Matematika dan IPA 30 soal pilihan ganda dan 5 soal esai.

Dalam satu hari 2 Mata Pelajaran, kecuali pada Rabu (8/5) satu Mapel yaitu Matematika,

jelasnya.

US atau Assesmen Akhir ini bukan menjadi tolak ukur kelulusan, karena pelaksanaannya dikembalikan ke kesatuan pendidikan masing-masing jadi boleh dilaksanakan boleh tidak, sambungnya.

Ellin menambahkan untuk pencapaian nilai kelulusan selain mengikuti Asesmen Akhir ini, siswa harus mengikuti seluruh proses kegiatan KBM, kemudian ditambah dengan nilai raport dari semester 1 sampai semester akhir, absensi atau kehadiran siswa dan prilaku siswa.

Bagi siswa yang tidak dapat mengikuti ujian akan ada ujian susulan selama 2 hari. “Ujian susulan dilaksanakan pada tanggal 16 dan 17 Mei 2024, sementara untuk pengumuman kelulusan dilaksanakan pada tanggal 13 Juni 2024,

jelasnya.

Ellin berharap dengan Assesmen Akhir ini membuka kembali pengetahuan para siswa dan penambah wawasan dan kesiapan para siswa melanjutkan kejenjang pendidikan berikutnya.

Semoga mengerjakan soal dengan lancar dan memperoleh hasil yang memuaskan, dapat melanjutkan ke jenjang berikutnya seperti yang diinginkan,

ucapnya. (CN4)

 97 total views,  3 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.