Siswa SMK YAK 1 Dan M.Ts Manba’ul Islam Berbagi Takjil Tingkatkan Kepedulian dan Empati

Cotidie News_ Kota Bogor | M.Ts Manba’ul Islam dan SMK YAK 1 yang berada dibawah naungan Yayasan Al Akhyar Kalimurni kembali berbagi Takjil.

Program Takjil On The Road tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya di Bulan Suci Ramadhan dan merupakan rangkaian dari kegiatan SmartTren atau Pesantren Kilat (Sanlat).

Berbagi Takjil dilakanakan belum lama. ini di Jalan Kencana Kalimurni oleh para siswa SMK YAK 1 dan M.Ts Manba’ul Islam, dengan semangat berbagi dengan suasana kebahagiaan dan kebersamaan.

Kepada awak media ini, Isti Septiani S.Sos selaku Waka Kurikulum SMK YAK 1 yang juga turut mendampingi Kepala M.Ts Manba’ul Islam Ahmad Topik mengatakan Berbagi Takjil ini terlaksana berkat kerjasama OSIS SMK YAK 1 dan OSIS M.Ts Manba’ul Islam, mereka dengan semangat membagikan Takjil.

Penyiapan dan Pembagian Takjil melibatkan seluruh kelas, dikoordinir oleh OSIS, Rohis dan Pramuka yang menjalankan

Untuk M.Ts Manbaul Islam Pembagian Takjil sudah dimulai dari Rabu (13/3) kemudian disambung Pembagian Takjil oleh SMK YAK 1 yang dimulai Senen (25/3) sampai Sabtu (30/3).

Kegiatan Pembagian Takjil On The Road ini tidak hanya bertujuan untuk memberikan bantuan kepada yang membutuhkan, tetapi juga sebagai wujud nyata dari semangat berbagi dan kepedulian sosial yang ditanamkan kepada seluruh siswa SMK YAK 1 dan Siswa M.Ts Manba’ul Islam,

papar Isti, Jum’at (29/3).

Isti berharap melalui kegiatan ini, diharapkan akan terbentuk rasa kebersamaan yang kuat dan kesadaran akan pentingnya membantu sesama, terbangunnya rasa kepedulian terhadap sesama terutama di bulan yang penuh berkah ini.

Kami sangat bersyukur dapat menggelar Takjil On The Road ini sebagai salah satu bentuk kegiatan sosial kami di bulan Ramadhan dan kegiatan Berbagi Takjil ini merupakan rangkaian dari kegiatan SmarTren. Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan kebahagiaan bagi masyarakat sekitar serta menjadi inspirasi bagi kami semua untuk terus berbuat kebaikan. sambungnya.

Terkait kegiatan Smart Tren sendiri Isti menuturkan sebagaimana arahan dari Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat, Smart Tren yang dilaksanakan di SMK YAK 1 dilaksanakan selama 2 hari, Jum’at (29/3) dan Sabtu (30/3).

Untuk kegiatan Sanlat atau SmartTren kita gabung SMK YAK 1 dengan M.Ts Manba’ul Islam berada dalam satu naungan dengan SMK YAK 1 maka kegiatan SmartTren kita laksanakan secara bersama dengan alasan efektifitas dan efesiensi waktu.

Sebagaimana Tema SmartTren dengan semangat Ramadhan ingin menciptakan siswa yang berakhlakul karimah yang bervisi kedepan kepada Tehnologi tetapi tetap mengedepankan Akhlakul Karimah, paparnya.

Isti menyebut kegiatan SmartTrend diawali dengan Sholat Dhuha kemudian Tadarussan, selain itu tentu ada penyampaian materi terkait kewajiban dan kebagikan puasa, kemudian tentang kewajiban Sholat 5 waktu termasuk Tajwid yang disampaikan oleh guru-guru PAI dan Guri yang berkompeten dibidangnya.

Selain kegiatan SmartTren, Pembagian Takjil dimomen Ramadhan ini, Rohis SMK YAK 1 juga menjadi Pengumpul Zakat. Menerima Zakat dari anak-anak dan juga guru.
Menurut pengakuan Isti anak-anak Rohis petugas Zakat ini sudah terlatih jadi Insha Allah keabsahannya bisa divalidasi.

Sanlat ditutup pada hari Sabtu (30/3) sekaligus dilaksanakan Buka Bersama seluruh siswa dan para guru pendidik dan tenaga kependidikan termasuk tentunya Ketua dan Pengurus Yayasan Al Akhyar Kalimurni sekaligus Peringatan Haul orangtua dari Ketua Yayasan Al Akhyar Kalimurni.

Tentunya dengan rangkaian kegiatan SmartTren SMK YAK 1 dan M.Ts Manba’ul Islam, harapan saya sebagaimana juga harapan sekolah anak-anak bisa menjadi lebih berkualitas ibadahnya, kedua meningkat rasa kepedulian, simpati dan empati terhadap sesama dan ketiga terbentuk Karakter yang mandiri, bertanggung jawab dan disiplin,

tuntasnya. (CN4)

 99 total views,  2 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.