Agus Ridhallah Lantik Mabiran Pengurus Kwaran dan LPK Gerakan Pramuka Kecamatan Ciomas

Ketua Kwarcab Kabupaten Bogor Kak H. Agus Ridahallah S.H, M.H, M.Pd, melantik dan mengambil sumpah jabatan Majlis Pembimbing Ranting dan Pengurus Kwartir Ranting Serta Pengurus Lembaga Pemeriksa Keuangan Gerakan Pramuka Kecamatan Ciomas Masa Bhakti 2024 – 2027 yang dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Ciomas, Kamis (7/3/2024).

Acara Pelantikan dan Pengukuhan berlangsung Khidmat dan lancar. Kak Drs. Tirta Juarsa M.Si yang juga selaku Camat Ciomas menjadi Mabiran Kecamatan Ciomas dan Kak Umi Kulsum S.Pd yang juga selaku Mabigus di SDN Kota Batu 07 ini menjadi Ketua Kwaran Gerakan Pramuka Kecamatan Ciomas menggantikan Kak Eje S.Ag, M.M, yang telah habis masa jabatannya selaku Ketua Kwaran Kec. Ciomas.

Dalam sambutannya Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Bogor Kak Agus Ridallah mengatakan bahwa membangun Generasi Muda tidak bisa dilakukan sendiri oleh Pemerintah tetapi harus dulakukan oleh semua pihak salah satunya oleh Organisasi Pramuka.

Pramuka adalah organisasi pendidikan yang melakukan pembinaan terhadap peserta didik dari usia 7 tahun hingga 25 tahun, organisasi yang melakukan pembinaan diseluruh Indonesia, hanya Pramuka tidak ada organisasi lain. Pramuka ada diseluruh Kabupaten Kota, seluruh Kecamatan dan seluruh Gugus Depan, maka Pemerintah sangat mendukung Gerakan Pramuka, urai Kak Agus.

Kak Agus menegaskan saat ini Kwarcab Kabupaten Bogor terus mengejar Pramuka Garuda. Capaian Pramuka Garuda disetiap Kwaran/Gudep di Kabupaten Bogor menjadi harapan besar. Ditahun 2024 Kwarcab Kabupaten Bogor target 10 ribu Pramuka Garuda bisa tercapai dan menjadi terbesar di Indonesia.

Selain itu, lanjut Kak Agus, mendorong para Pembina untuk mengikuti KMD (Kursus Mahir Dasar) dan bagi yang sudah KMD bisa lanjut ke KML (Kursus Mahir Lanjutan) karena sangat kekurangan Pembina Terlatih. Selain itu Agus mengingatkan bagi Pramuka yang belum ber KTA segera buat KTA.

 

Target Tahun 2024 dalam rangka HUT Pramuka, tercapai 1/2 juta Pramuka ber KTA dan menjadi terbesar di Indonesia memiliki Anggota Pramuka, tegasnya.

Terkait belum adanya Sekretariat Kwaran di Kecamatan Ciomas, Camat Ciomas sudah merespon, mudah-mudahan Kecamatan Ciomas segera memiliki Sekretariat Kwaran

.
Saya akan terus mendorong dan mensuport, nanti saya koordinasi dengan Pak Camat, ucapnya.

Camat Ciomas Kak Tirta Juarsa selaku Ketua Mabiran menuturkan hari ini Pengukuhan dan Pelantikan Ketua Mabiran, Ketua Kwaran dan LPK (Lembaga Pemeriksa Keuangan) Gerakan Pramuka Kecamatan Ciomas sudah dilakukan oleh Ketua Kwarcab Kabupaten Bogor yang juga selaku Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor.

 

Insha Allah dengan Kebersamaan Ke Pramukaan di Kecamatan Ciomas Guyub saling mengisi kekurangan, kelebihannya dikembangkan sehingga Pramuka di Kecamatan Ciomas lebih baik lagi, ujar Kak Tirta.

Berkaitan dengan Sekretariat Kwaran, lanjutnya, kami mencoba mengakomodir, nanti kita minta masukan-masukan dari steakholder yang ada di Kecamatan Ciomas.

Kira-kira dimana tempatnya, apakah pinjam pakai atau ngebangun kita lihat perkembangannya kedepan. Insha Allah kita niatkan adanya Sekretariat dilingkungan Kantor Kecamatan Ciomas, jelasnya.

Ditempat yang sama Ketua Kwaran Gerakan Pramuka Kecamatan Ciomas Kak Umi Kulsum S.Pd, mengucap syukur Alhamdulillah Pengukuhan dan Pelantikan berjalan lancar dan sukses.

Kak Agus Ridho begitu antusias dengan Kwaran Ciomas, semoga kedepan Kwaran Ciomas menjadi Kwaran terdepan, nanti akan banyak kegiatan-kegiatan untuk Pembina-pembinanya supaya lebih maju lagi,  tutur Kak Umi.

Kata Kak Umi, Insha Allah tahun 2024 ini kami akan terjun langsung kesekolah-sekokah, ke Gudep-gudep yang ada di Kwaran Kecamatan Ciomas supaya peserta didik ini diakui ada namanya di Kwarcab Kabupaten Bogor mempunyai KTA Pramuka.

Pramuka Siaga Garuda adalah Pramuka yang telah mencapai kecakapan dan penghargaan tertinggi pada jenjang pendidikan golongan Pramuka Siaga, di Kwaran Ciomas sudah terdapat 200 Pramuka Siaga Garuda.

Semoga Kwaran Kecamatan Ciomas menjadi Kwaran Terdepan dan Lebih Maju Lagi

pungkas Kak Umi berharap. (CN4)

 101 total views,  2 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.