BEBEGIG SAWAH WARNAI HELARAN SOSIALISASI PELINDUNGAN WARISAN BUDAYA

Cotidie News_Kab.Bogor, Implementasikan PP No.87 tahun 2021 terkait objek kemajuan kebudayaan Direktorat Pelindungan Kebudayaan Direktorat Jendral Kebudayaan Kementrian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi adakan helaran Sosialisasi Pelindungan Warisan Budaya  bertempat di area Make it happen Panorama Pabangbon Kec. leuwiliang.

 

Bertemakan Sadar Merawat bumi acara yang digelar selama 2 hari ini Kamis-Jum’at 15-16 Juni 2023 ini tampak dihadiri oleh Camat leuwiliang yang diwakili Kasipem Hari Prihantono Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Bidang Pariwisata, Ekonomi Kraatif dan Kebudayaan (PAREKRAFBUD) Nawawi, Kades Pabangbon Endang Rohaedi, perwakilan dari  Polsek lw liang, Koranil lw liang , Tokoh agama, Tokoh masyarakat dan para tamu undangan.

Dibawah komando Rusmiyati selaku Kepala Sub. Bagian Tata usaha acara yang digelar selama 2 hari ini sukses memancing warga yang antusias untuk hadir dan menyaksikan helaran budaya ini seperti pembuatan bebegig sawah pentas seni angklung, angklung gubrag, kidung,  pencak silat juga pameran permainan tradisional congklak, gasing,ketapel,bakiak dll. Setelah sebelumnya mengadakan workshop cara pembuatan bebegig sawah dan cara bermain angklung yang berlokasi di SMKN leuwiliang dan diikuti oleh siswa siswi SMKN dan SMPN 4 leuwiliang

Dalam keterangan persnya pada awak media Yati menjelaskan

Sejatinya acara ini adalah implementasi amanat dari PP No. 87 tahun 2021 terkait objek kemajuan kebudayaan dimana dalam pelaksanannya mengedukasi warga terutama anak anak muda  yang belum mengenal  permainan dan budaya tradisional  dan melindungi objek objek warisan budaya yang tergeser oleh kemajuan jaman.

Lebih jauh  Yati berharap dengan adanya acara seperti ini  masyarakat awam lebih mengenal kebudayaan kebudayaan dan melindungi warisan budaya tersebut.

Senada dengan Yati Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Kab. Bogor Nawawi yang ikut hadir dalam wawancaranya dengan awak media terkait acara ini mengatakan

Kita mendukung sekali acara seperti ini dan memberikan apresiasi  yang sebesar besarnya kepada para panitia bisa menyelenggarakan acara ini dan berharap acara seperti ini bisa rerus berlanjut sehingga anak anak muda sekarang paham akan sejarah, adatdan budaya orang orang tua kita tutupnya.

Pantauan awak media acara ini sungguh patut diacungi jempol karena tujuan nya untuk menjaga dan melestarikan budaya bangsa yang mulai sesikit demi sedikit tergeser dengan budaya luar dan seharusnya pihak terkait mendukung penuh acara seperti ini. (Dian.A)

 

 

 

 

 

 280 total views,  2 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.