Pimpinan Yang Berkarakter Tangguh dan Intelek Jadi Acuan LDKS OSIS SMK Windian Nugraha Masa Bakti 2024/2025

Cotidie News_Kab. Bogor, Pimpinan  berkarakter tangguh dan intelek jadi acuan dalam Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa  (LDKS)  OSIS SMK Windian Nugraha Masa Bakti 2024/2025, bertempat  di lingkungan Villa & Resort TOGRANT tepatnya  di Jl. Jogjogan Kec. Cisarua Kab. Bogor pada hari Kamis 17 November 2024.

Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) merupakan bentuk kegiatan yang bertolak ukur pada peningkatan sumber daya peserta didik untuk mendalami dan memahami tentang konsep atau dasar dasar sebuah organisasi.

Bertemakan ” TIADA KUALITAS TANPA DISIPLIN ” kegiatan LDKS sebagai siklus kegiatan untuk kebersamaan persatuan kesatuan dalam keluarga besar Yayasan Windian Nugraha SMK dan unit pelatihan lainnya agar nilai nilai Ketuhanan YME dan Maha Vinta kasih sayang mampu para pemimpin disekolah dan negara mewujudkan 4 sila dibawahnya kemanusiaan, kerakyatan, demokrasi keadilan persatuan yg memanusiakan manusua seutuhnta JIWA RAGANYA INDONESIA ASLI BHINEKA TUNGGAL IKA KIRA TERPATRI DLM NKRI adalah untuk membentuk kepribadian 13 siswa siswi yg terpilih & memenuhi karakter pemimpin karakter managerial, berkomitmen, jujur, setia taat patuh kreatif aplikatif dan sigap mengemban PERINTAH GURU PEMBINA SEKOLAH dimana kegiatan LDKS ini dihadiri oleh Dewan Guru, Pembina OSIS, panitia pelaksana.

Kegiatan ini terbagi dalam dua sesi, sesi pertama dilakukan di dalam ruangan (indoor) diisi dengan materi-materi yang bermanfaat untuk menambah wawasan kebangsaan dan mengembangkan kompetensi kepemimpinannya agar terbentuk menjadi pemimpin yang hebat, sedangkan sesi kedua dilaksanakan di luar ruangan (outdoor) yang diisi dengan giat outbond yang telah di susun sedemikian rupa agar peserta dapat melatih kerjasama, belajar menyelesaikan masalah, serta mengasah life skill dan soft skill yang dimilikinya.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari dengan kegiatan yang sangat padat, mulai dari Pembelajaran Baris Berbaris, Spider web, Halang Rintang, Penguatan tentang NKRI dan tentunya materi kedisiplinan, total jumlah siswa yang terlibat dalam kegiatan ini sebanyak 156  siswa  dari kelas X dan XI serta didampingi oleh 9 guru.

Kegiatan diawal hari yaitu pembukaan yang langsung dibuka oleh Kepala SMK sekaligus Pendiri Yayasan Pendidikan Windian Nugraha Drs. Tommy Wardiatmo M.Si yang menjadi pengelola mata agenda LDKS, dan dilanjutkan dengan Pelajaran Baris Berbaris, siswa terlihat sangat antusias dalam pembelajaran ini dan tentunya semakin serius karena pembina mereka Imron Hidayat adalah guru yang trampil teknis dalam pemberdayaan potensi siswa siswi untuk mengetahui karakter building unggul calon calon pemimpin dimana dalam keterangan persnya pada awak media terkait materi PBB imron mengatakan

Tujuan adanya materi PBB ini selain melatih fisik mereka dalam segi baris berbaris dan ketahanan fisik juga pembentuk jiwa dan kepribadian yang baik serta jiwa Korsa (semangat keakraban dalam korps, kesadaran krops, perasaan kesatuan, perasaan kekitaan/red) yang tinggi sehingga mereka ada kebersamaan dan rasa perduli atas sesama.

Dalam waktu yang bersamaan Drs. Tommy Wardiatmo M.Si dalam sambutan pembukaan LDKS menyampaikan point harapannya dikegiatan LDKS kali ini

Saya berharap dengan beragam kegiatan yang akan dilaksanakan itu akan melatih akal pikiran kita supaya cerdas dan pandai, berbudi pekerti yang mulia, berhati nurani yang bersih, berjiwa yang penuh kasih sayang karena  saya ingin melihat bahwa OSIS yang akan datang harus lebih hebat daripada OSIS sebelumnya karena tantangannya lebih hebat, ujarnya.

 

 

 

 

Adapun giat outbond sendiri diisi dengan permainan permainan yang bersifat edukatif seperti

  1. Membuat Yel Yel

Biasanya sebelum kita memulai sebuah permainan kita akan dibagi menjadi berapa kelompok. Nah,untuk lebih memeriahkan suasana biasanya setiap kelompok akan membuat yel-yel (Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), yelyel memiliki arti pekikan atau sorakan para pelajar,mahasiswa, anggota perkumpulan, dan sebagainya untuk memberi dorongan semangat kepada regunya yang sedang bermain,bertanding dan sebagainya/Red) yang lucu dan unik untuk memeriahkan suasana.

Ada banyak cara membuat Yel Yel yang seru dan menarik salah satunya adalah dengan mengubah lirik lagu yang populer.
Contohnya lagu Doraemon untuk kelompok sebelas

Aku takut yang ini, aku takut yang itu
Ini itu semuanya bengis sekali
Semua, semua, semua dapat ditaklukan
Dapat ditaklukkan oleh kelompok dua belas
Kami ingin lihat, kelompok paling kompak
Eh, itu kan kelompok dua belas
La la la, aku senang sekali… kelompok dua belas

Gerakan juga juga menjadi hal yang perlu diperhatikan ketika membuat yel-yel dan putuskan siapa yang memberi aba-aba atau instruksi-nya. hal ini biar yel-yel kita jadi terlihat lebih kompak dan terdengar dan terlihat lebih sempurna.

Semua lirik lagu dan gerakan harus dibuat menjadi sederhana dan mudah dihafal. Atau bisa gunakan lirik atau gerakan yang sudah diketahui semua anggota, dengan begitu dalam sekejap kamu bisa membuat yel-yel yang bakal asik untuk dinyanyikan.

2. Spider web

Permainan spider web adalah permainan dengan aturan peserta harus melewati jaring-jaring yang terbuat dari tali yang telah dibentuk dengan berbagai tingkat kesulitan tanpa menyentuh tali tersebut.

Spider Web, dimainkan dengan cara seluruh peserta harus berpindah dari satu sisi kesisi yang lain melalui sebuah jaring laba-laba raksasa dengan dibantu rekan yang lain dengan aturan main tidak boleh melalui lobang yang sudah pernah dilalui, badan dan pakaian tidak boleh menyentuh tali, tiang atau pohon tempat tali diikat serta tidak boleh melakukan lompatan.

tujuan permainan spider web adalah kerjasama dalam mencapai target, inovasi-kreativitas, disiplin karena Seringkali peserta tidak melakukan kerjasama antar team. Yang mereka lakukan biasanya adalah kerja intra team mereka sendiri dan inilah target inti permainan spider web ini.

Permainan spider Web membutuhkan alat seperti tonggak / pohon, tali dan helm

Teaching point permainan spider web adalah Sinergi antar team dan intra team, mengembangkan komunikasi yang efektif, mengembangkan strategi bersama, membangun kepercayaan diri anggota team, melatih proses pemecahan masalah, mengerti kebutuhan akan adanya koordinasi seorang pemimpin dan kesediaan menerima masukan dari anggota dan memahami saling ketergantungan antar sesama.

3. Human Ladder

Rasa kepercayaan, tanggung jawab, kelincahan dan kekuatan setiap orang akan diuji pada permainan ini. Kerjasama dan pembagian peran yang baik menjadi hal yang akan menentukan siapa pemenang dalam permainan ini.

Alat yang diperlukan 3 balok kayu atau bambu dengan ukuran minimal 50 cm dan diameter 8-10 cm setiap satu kelompok.

Cara Bermain peserta dibagi menjadi beberapa kelompok, 10 orang per satu kelompok (lebih banyak lebih baik karena bisa bergantian apabila letih)

Tentukan garis start dan garis finish, tunjuk satu orang sebagai penyebrang (pilih orang yang ringan dan lincah) Buat dua barisan dan saling berhadapan dengan saling memegang balok kayu dengan orang yang ada di hadapanya di garis start, penyebrang akan menaiki balok kayu dan terus melangkah menuju balok kayu selanjutnya hingga garis finish

Balok kayu yang telah dilewati oleh penyeberang dipindahkan kedepan agar penyebrang bisa sampai ke garis finish dan permainan ini sebaiknya di mainkan di tanah atau rerumputan agar saat jatuh tidak sakit.

4. Halang Rintang

Halang rintang adalah satu kegiatan LDKS di alam terbuka yang bertujuan memberikan kegiatan yang menarik, menantang dan mencari pengalaman yang hebat dalam sebuah petualangan.

Permainan ini memberikan kepuasan atas pencapaian sebuah hasil kerjasama kelompok dalam sebuah kegiatan penuh tantangan, serta melatih dan membina mental dan fisik. Disamping itu juga halang rintang  bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan, pengalaman dan ketrampilan  para peserta LDKS di alam terbuka.

Kegiatan halang rintang menyeberang kolam dengan tali dan merayap bertujuan untuk melatih kematangan berfikir, kemandirian, dan percaya diri. Peserta LDKS yang punya kemandirian dan rasa percaya diri yang tinggi akan mampu melakukan rintangan permainan ini dengan baik.

Salah seorang peserta LDKS kelas X, Claudia mengatakan halang rintang tersebut sangat bermanfaat untuk melatih mental dan membina kekompakan kelompoknya.

Biarpun kita penuh lumpur, tapi seru dan penuh kebersamaan, ujarnya.

Beranjak sore menjelang malam, kegiatan dilanjutkan dengan sholat magrib berjamaah yang diimamin oleh guru mapel agama islam yang diteruskan dengan  pembacaan surat Yaasin, ceramah dan diakhiri dengan sholat Isya berjamaah.

Dalam ceramahnya Bambang selaku guru mapel agama islam mengatakan.

Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang shidiq, amanah, tabligh, dan fathonah. seperti halnya telah dicontohkan oleh nabi  Muhammad SAW

Tak lupa Bambang pun mendo’akan agar peserta LDKS kali ini dikemudian hari menjadi pemimpin pemimpin yang hebat dan berguna bagi nusa bangsa dan agama.

Setelah jeda istirahat selesai sholat Isya berjamaah, pukul 22.00 giat LDKS dilanjut dengan acara perform dari masing masing kelompok peserta yang dihiasi indahnya api unggun dan dinginnya angin malam. ada yang membawakan perform  bernyanyi, tari tarian, pembacaan puisi, tebak tebakan, dll.

Tak mau kalah dengan murid muridnya guru guru SMK Windian Nugraha pun tak kalah apik perform dengan gayanya masing masing menambah keseruan acara renungan jiwa malam itu.

Disepertiga malam tepatnya pukul 02.00 pagi acarapun ditutup setelah sebelumnya dilaksanakan acara jurit malam yang tentunya menguras energi  peserta, tampak raut lelah terpancar diwajah  dibalut senyum kepuasan karena telah melalui ujian jurit malam, pesertapun larut dalam lelapnya waktu istirahat.

Menjelang subuh  peserta LDKS kembali dibangunkan untuk bersama sama melaksanakan ibadah sholat subuh yang dilanjutkan dengan acara santai dan olahraga pagi sambil menunggu waktu sarapan.

Tepat pukul 08.00  peserta berkumpul dilapangan untuk apel pagi evaluasi hasil kegiatan dan sekaligus acara penutupan giat LDKS kali ini  dimana dalam sambutan penutupan giat LDKS kali ini Kepala SMK Windian Nugraha DRs Tommy Wardiatmo kembali menegaskan pentingnya kita mempunyai jiwa kepemimpinan terutama peserta laki laki karena merekalah calon calon penerus pemimpin bangsa yang akan mementukan maju mundurnya sebuah negara ada ditangan mereka.

Jadilah pemuda pemuda yang bersemangat dalam belajar karena kelak harapan negara ada di pundak kalian, jadilah pemuda yang tangguh tapi juga berintelektual  karena dipundak kalianlah masa depan bangsa ini dipertaruhkan jadilah generasi generasi yang mumpuni yang akan memimpin negeri ini menjadi negara yang besar. dan SMK Windian Nugraha akan jadi saksi lahirnya pemimpin yang handal dan bertanggung jawab, pungkasnya

Setelah membersihkan semua sarana yang dipakai dilokasi, pukul 09.00 peserta pun bersiap untuk kembali ke sekolah dan kembali kerumah masing masing.

Pantauan awak media cotidienews.com masih banyak lagi permainan permainan yang dilaksanakan dalam kegiatan LDKS ini, tapi apapun permainannya semua permainan itu mengerucut pada tujuan yang sama yaitu membentuk semua peserta LDKS ini memiliki Implementasi sifat-sifat kepemimpinan dalam praktek kepemimpinan nasional yaitu  berintegritas, berwawasan luas, inisiatif, bijaksana, amanah dan mempunyai jiwa korsa yang kuat.

Muniri ST, selaku Ketua panitia pelaksana dalam wawancaranya dengan awak media berharap

Semoga adik-adik pengurus yang baru bisa memimpin dirinya terlebih dahulu sebelum ia memimpin orang lain, di mana nantinya ia dapat menjadi contoh teladan bagi siswa yang lain agar lebih dapat disiplin dan bertanggung jawab. (Dian.A)

 143 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.