Kades Tugu Utara Dorong Percepatan Relokasi Puskesmas Cibulan Cisarua

Cotidie News_Kab. Bogor, berawal dari keprihatinannya mendengar keluhan dari Kepala Puskesmas Cibulan Kec. Cisarua Dr Nurul Amalia pada saat Rapat Musrenbang Kec. Cisarua Senin 31 Januari  2023,  Asep Ma”mun Nawawi  SH selaku Kades Tugu utara Kec. Cisarua  kembali menyampaikan dukungannya terhadap Dr Nurul Amalia terkait keluhannya akan kondisi gedung Puskesmas yang sudah tidak memadai layaknya gedung pelayanan kesehatan masyarakat, hal itu disampaikan asep ketika ditemui awak media cotidienews.com di kantornya Rabu 24 Mei 2023. Dalam pertemuan itu asep mengatakan bahwa emang betul gedung puskesmas Cibulan sungguh memprihatinkan  dan sudah selayaknya di relokasi karena hanya menempati area seluas 75 m2.

Jauh dari kata layak,makanya harus secepatnya di relokasi, ujarnya

 

Berdasarkan pantauan awak media cotidienews.com yang melanjutkan kunjungan ke gedung Puskesmas Cibulan benar adanya apa yang dikeluhkan Dr Nurul Amalia bahwa gedung Puskesmas ini harus secepatnya di relokasi. Mulai dari Lokasi masuk parkiran yang memakai lahan bahu jalan sungguh rawan akan pencurian dan arenya nya yang hanya menempati area 75m2 menyebabkan setiap ruangan menjadi sempit, ruang IGD nya pun sekaligus menjadi ruang periksa tak lebih besar dari ruang poly gigi.

Seperti diberitakan sebelumya dimana  pada saat rapat musrenbang Kec. Cisarua Nurul mengeluhkan lamanya relokasi puskesmas yang dipimpinnya padahal ini sudah berjalan 5 tahun dan sudah 3 kali ganti camat. Minimnya lahan puskesmas yang menyebabkan adanya beberapa kali  kejadian hilangnya motor pasien pada saat berobat ke puskesmas tsb dan tidak adanya  jalur ventilasi udara yang memadai yang mengakibatkan salah stafnya kena tbc usus.

Kondisinya sudah sangat miris entah sudah berapa kali tak terhitung motor pasien yang hilang bahkan staf kami salah satunya sudah ada yang kena tbc usus karena ventilasi udara yang tidak memadai, ini puncaknya ujarnya.

Lebih jauh Asep mengatakan sudah berbagai upaya dilakukan oleh pihak pihak terkait untuk merelokasi puskesmas ini tapi semuanya gagal dan alasannya selalu sama yaitu terkait dengan anggaran.

Padahal kalau mengacu pada APBD yang mencapai 7 triliun apalah artinya 12 miliar toh ini buat kepentingan bersama. Apa artinya Plt Bupati membuat slogan karsa bogor sehat kalau relokasi puskesmas ini gak pernah ada realisasinya, tutupnya  (Dian.A)

 

 

 160 total views,  2 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.